Minggu, 29 Juni 2014

Tegar menghadapi skripsi

cerita ini mengawali kisah perjalanan luar biasa seorang teman dalam menyelesaikan skripsinya...

namanya tegar, ia adalah salah satu mahasiswa departemen ekonomi pertanian Institut Pertanain Bogor. Sebagai salah seorang aktifis kampus, ia mengikuti beberapa organisasi di bidang kerohanian dan keilmiahan. bahkan ia sempat memimpin salah satu organisasi keilmiahan yang masuk dalam kategori terbaik di tingkat nasional.

tegar merupakan mahasiswa yang cukup cerdas, memiliki motivasi yang tinggi serta cukup prestatif. awal tahun 2010 ia diterima di IPB dan mendapatkan beasiswa yang cukup membanggakan karena beasiswa yang ia terima merupakan salah satu beasiswa terbesar di IPB. selama menjalani kuliah, ia merasa semuanya berjalan dengan baik, bahkan ia termasuk salah satu mahasiswa berprestasi baik dari segi akademik maupun non akademik. dapat dikatakan ia adalah orang yang tenang dan santai dalam menjalani kuliah, organisasi, dan berbagai problematika yang ada pada mahasiswa. hidupnya cukup terencana dan sering kali perencanaannya sukses sesuai yang direncanakan.

memasuki semester delapan, tegar telah menyiapkan rencana beserta timeline kegiatan yang akan ia capai. seperti mahasiswa pada umumnya, ia ingin menyelesaikan kuliah dalam empat tahun dan segera mendapatkan gelar sarjana untuk kemudian melanjutkan rencananya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. semua telah disiapkan dan dipikirkan matang-matang.

selama ini, rencananya selalu berjalan dengan lancar dan tepat waktu. bayangan seorang tegar adalah satu bulan untuk proses penyelesaian proposal penelitian, tiga bulan untuk proses penelitian, dan satu bulan untuk proses revisi. sehingga di bulan ke enam ia telah menyelesaikan tugas akhirnya sebagai seorang sarjana.

namun, kisah tegar dalam menyelesaikan skripsi ternyata berbeda dengan yang ia rencanakan. kisahnya yang menurut ia luar biasa dapat menjadi pelajaran tidak hanya bagi yang sedang menyelesaikan skripsi, tetapi juga bagi kehidupan dimulai disini. kisah yang bermula dari keinginannya untuk menjadi sarjana berkualitas, keinginannya mendapatkan pelajaran dan bimbingan dari seorang profesor serta mengenai kesabaran. banyak hal yang terjadi yang jauh berbeda dengan kondisi saat tegar menjalani kuliah. skripsi membuat ia mendapatkan banyak pelajaran. skripsi bukan tentang tulisan itu sendiri namun lebih dari itu ia adalah proses belajar, proses pendewasaan dan proses ke arah yang lebih baik.

#next : pilihan mengenai tantangan

1 komentar: