Sabtu, 03 Desember 2011

Filosofi Nama

assalmualaikum teman... namaku teki sinatria... aku lahir di bandar lampung... keluargaku keturunan orang jawa tp aku lahir di lampung n sekarang tinggal di bogor... bener2 kompleks... tentang namaku, banyak orang nanya kok namanya teki, jadi inget salah satu jenis rumput (dalam bahasa jawa)... ada juga yang bilang, kok namanya mirip selebritis gtu... awalnya aku sedikt seneng n bangga alias GR... tapi setelah ada lanjutannya "tp kok namanya aj yang mirip, mukanya.... zzzz" sedih... T-T
karena banyak yang nanya tentang keunikan namaku... akhirnya aku memutuskan untuk berpetualang ke seluruh penjuru dunia untuk mencari arti dan makna namaku... dan perjalananku yang pertamaku adalah bertanya kepada abahku... awalnya aku bingung kok aku bisa manggil ayahku sendiri abah, knapa ndak bapak/ayah/dady atau yang lainnya... tapi itulah yang diajarkan abahku... "beda"
comeback to pencarian makna namaku... abahku menjawab "kata teki itu berasal dari kata teteki yang merupkan diferensial dari kata bertapa" zzzz aku makin bingung.. jd intinya menurut abahku nama teki sinatria itu artinya kesatria yang bertapa... hoho jd bangga... yang klo di integralkan menjadi nama abahku...

ndak puas mencari satu makna, aku pergi ke dunia yang sangat jauh sekali karena harus melewati jalan tanpa gerak (alias jalan yang macet), melewati air yang berwarna biru (laut), naik kapal titanic mini (kapal ferry) n naik kendaraan seperti kotak sabun (alias bis)... sampailah aku pada dunia yang bernama bogor, aku sendiri bingung kenapa nama dunia itu bogor, yang pasti ada tugunya yang disebut tugu kujang.. pokoknya gtulah,,, (makin bingung)
sampenya di dunia yang namanya bogor, ternyata aku masih ketemu dengan manusia dengan jenis spesies yang sama karena awalnya aku nganggep bakal ketemu dengan spesies yang beda... singkat cerita, aku nemuin makna kata namaku yang sering dibilangnya salah satu jenis rumput... aku nemuin filosofi ini dari orang yang punya tanggal lahir yang sama denganku... kata beliau, "teki itu memiliki makna yang mendalam, karena kalo dianalogikan dengan rumput teki, filosofinya bakalan keren...intinya teki sinatria itu bisa hidup dan berkuasa dimana-mana layaknya rumput teki yang hidup dimana-mana bahkan kadang-kadang mendominasi... he2 jadi ngerasa makin ganteng...
tanpa peduli makna kata teki,,, aku selalu inget kata abahku "jadi orang itu harus beda (beda dalam arti baik), punya prinsip yang terus dipegang teguh dengan berlandaskan agama n punya kepribadian (aku ga boleh ikut-ikutan apalagi ikut arus pergaulan yang ga bener, itu ga banget" (abahku, 2007)
mungkin pesen yang ingin disampaikan abah, dari namaku yang jarang, unik n punya makna aku itu harus memiliki filosofi hidup yang jelas, punya kepribadian yang mantap n beda (beda dalam arti positif)... itulah kenapa namaku teki sinatria (kesatria yang bertapa)........... He2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar